Sejarah Pemikiran Agama (4): Monotheisme

Manusia sebelum menyembah banyak dewa mereka telah mengakui bahwa adanya tuhan yang tertinggi yang telah menciptakan dunia mengurus dan memperhatikan manusianya dari kejauahan. cara berhubungan manusia dengan tuhannya dengan berdoa kepada tuhannya mereka juga percaya bahwa allah itu memerhatikan semua perbuatan manusia dan menghukum setiap perbuatan dosa monotheisme dan politheisme saling berhubungan karna kepercayaannya kepada satu tuhan , tuhan menciptaan nabi adam AS sebagai manusia pertama yang ada dibumi.berkembangnya monotheisme karna adanya konsep peradapan yang memiliki jenis tuhan yang berbeda dan pemujaan yang berbeda pula   .adanya pembaharuan monotheisme muncul karna adanya tradisi keagamaan  mesopotamia kuno.tradisi iyu dilakukan nabi ibrahim dengan dua jalur yaitu yuresalin dan mekah

Kemunculan aliran monotheisme yang dianut orang yahudi mula-mula mereka menganut ajaran animisme yang menyembah roh kemudian para dewa. Setelah itu datanglah eloh atau tuhan dari bukit sinai yang bernama yahwe. Yahwe dianggap sebagai tuhan nasional dan menghilangkan tuhan yang lain. Karena orang yahudi tidak lagi menyembah roh atau dewa-dewa dan mereka hanya menyembah satu tuhan maka aliran itu disebut monotheisme(ibid:,91).

Sejarah munculnya monotheisme pada abad 14 SM. Raja fir’aun Amenhoteb IV menjadi Aton (Tuhan Matahari) sebagai satu-satunya Tuhan seluruh Mesir. Tuhan-Tuhan lain sebagai Amon Osiris tidak boleh disembah lagi. Pada akhirnya Amenhoteb menanggap Aton bukan saja Tuhan bagi masyarakat Mesir, tetapi Tuhan seluruh Alam dan untuk semua manusia. Dari sini bisa dianggap bahwa Politheisme bisa meningkat menjadi monotheisme tanpa melewati henotheisme(dedi supriadi:2012,92).
Monotheisme yang berlaku pada nabi ibrahim dan rosulullah saw untuk menyembah allah dan pada saat yang sama allah adalah tuhan yang maha esa dan yang bersifat mutlak  dengan keyakinan itu,selain allah tidak ada makluk yang memiliki hak sedikitpun untuk diperlakukan sebagai tuhan .hal itu menggambarkan ketidak bolehan manusia diperlakukan semena-mena karna dihadapan tuhan semua manusia itu sederaja tidak selalu harus melalui t(amsal bahtiar:2012,77).

Monotheisme berasal dari ibadah kepada tuhan yang esa ,yang mana semua manusia hanya percaya kepada satu tuhan saja dan tidak mempercayai tuhan tuhan yang lain karna menurutnya tuhan yang lain itu seperti kasus penyembahan  dalam pemerintahan mesir karna pengaruh dari istrinya yang berasal dari timur.pada pemerintahan fir’aun ini ,dianggap sebagai asal-usul utama penghancur kepercayaan kepada tuhan maka dari itu kepercayaan kepada tuhan ada kepada hati nurani semua umat manusia(amsal bahtiar:2012,77).

 

RUJUKAN
Bakhatiar,amsal.2012.filsafat agama.jakarta:Rajawali pers.
Subriadi,Dedi dan Mustofa Hasan.2012.filsafat agama.bandung:CV.Pustaka setia.
Nama rinda feni yolanda semester 1 Prodi S1 Perbankan syariah IAIN METRO

 

Catatan dosen

  1. Tulisan lumayan
  2. Nihil plagiasi

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *