Pengertian Epistemologi dan Islam

Epistemologi islam adalah sesuatu yang unik, karena diskursus ilmiah yang ada di barat dikaji secara filosofis-spekulatif dalam islam dan berlangsung secara tarik-menarik antara ilmiah,prailmiah,dan nonilmiah. Setidaknya ada empat varian epistemologi dalam islam:

1. Mazhab konservatif
Dalam perspektif ini,di asumsikan adanya dua kebenaran,yaitu kebenaran melalui teks-teks wahyu,dan kebenaran melalui interpertasi terhadap teks.
2. Mazhab dialektis
Epistemologi model ini banyak di anut oleh para ahli kalam.
3. Epistemologi falsafah
Ide-ide filsafat menjadi fundamental idea mazhab ini.
4. Mazhab mistis
Mazhab model ini mengedepankan kebenaran intuitif individual.
Epistemologi islam memiliki beberapa macam antara lain:
a. Perenungan (kontemplatiaon)
b. Pengindraan (sensation)
c. Tafaqquh (perseption,concept)
d. Penalaran (reasoning)

Epistemologi islam tidak berpusat pada manusia yang menganggap manusia sendiri sebagai makhluk mandiri dan menentukan segala-galanya,melainkan berpusat kepada Allah.

Ada beberapa perbedaan antara filsafat pengetahuan islam (epistemologi islam) dengan epistemologi pada umumnya. Pada garis besarnya,perbedaan itu terletak pada masalah yang bersangkutan dengan sumber pengetahuan dalam islam,yakni wahyu dan ilham. Sedangkan masalah kebenaran epistemologi pada umumnya menganggap kebenaran hanya berpusat pada manusia sebagai makhluk mandiri yang menentukan kebenaran. Epistemologi islam membicarakan pandangan para pemikir islam tentang pengetahuan,dimana manusia tidak lain hanya sebagai khalifah Allah,sebagai makhluk pencari kebenaran.

Corak Pemikiran Epistemologi Rene Decrates (1596-1650)
Orientasi umum yang secara bersama-sama dimiliki oleh berbagai aliran epistemologi era modern adalah mempertentangkan secara tegas antara dunia “suject” dan “object”,yakni perbedaan yang tajam antara “akal fikiran manusia yang dapat mengetahui” (knowing subject) dan “dunia luar” (the external world) yang selalu di jumpai setiap hari dan di upayakan untuk di ketahui dan di pahami. Filsafat Decrates membantu melakukan dan menyusun pola-pola dasar yang berhubungan dengan persoalan epistemologi.

Pemikiran Epistemologi David Hume (1711-1776)
Sebuah model atau oreientasi cara berfikir epistemologis yang sama seperti pada pendahulunya. Daripada repot-repot menuntut seperti yang Decrates lakukan tentang perlunya bukti-bukti yang bersifat demonstratif atau perlu adanya ide-ide dasar yang secara rasional dapat diakui secara jelas dan tegas.

Episteme berarti pengetahuan dan epistemologi ialah ilmu yang membahas apa itu pengetahuan,dan bagaimana cara memperoleh pengetahuan. Orang-orang tidak percaya kepada agama,terutama kaum materialis menuduh bahwa pengetahuan yang diperoleh dari agama tentang adanya Tuhan,adanya hari kiamat,adanya hidup kedua,dan sebagainya berdasar atas ilusi dan khayal belaka;atau,sekurang-kurangnya ,bahwa pengetahuan yang diberikan agama itu tak membawa keyakinan tentang kebenarannya.

Pengetahuan tentang alam materi, walaupun pengetahuan itu diberikan secara ilmiah, belumlah tentu dan pasti kebenarannya, kebenarannya masih bisa diragukan. Oleh karena itu,banyak filosof-filosof yang bersifat skeptis,ragu-ragu bahwa kebenaran sebelumnya akan dapat diketahui manusia, seperti Hume, Decrates dan sebagainya. Juga Al-Ghazali, baginya akal tidak membawa kepada keyakinan. Al-Ghazali lebih percaya kepada qalb yang dapat sampai ke makrifat dalam faham tasawuf.

DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, M. Amin, Islamic Studies di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Nasution, Harun, Filsafat Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 2003.
Yasin, M. Nur, Epistemologi Keilmuan Perbankan Syariah, Malang: UIN-Maliki Press, 2010.

 

Nama : Erin Al Khoeriyah
NPM : 1602100115
Mahasiswa Semester 1 Kelas B Prodi S1 Perbankan Syariah IAIN Metro

 

Catatan

  1. Tulisan ini belum fokus pada tema yang ditunjuk, yakni epistemologi dan Islam, melebar pada epistemologi dalam tradisi filsafat Barat.
  2. Plagiasi hanya 10%

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *