Makna Kebudayaan dalam Kehidupan Manusia

 

  1. Pengertian budaya

Kata “kebudayaan” berasal dari (bahasa sangsekerta) buddhayah yang merupakan jamak kata “buddhi” yang berarti budi atau akal. [1]  Kebudayaan diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan budi atau akal. Adapun istilah culture yang merupakan istilah bahasa asing yang sama artinya dengan kebudayaan berasal dari kata latin colore. Artinya mengolah atau mengerjakan, yaitu mengolah tanah atau bertani. Dari asal arti tersebut, yaitu celore kemudian colture, diartikan sebagai daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah alam. Kebudayaan dapat di atrikan sebagai keseluruhan tingkah laku dan kepercayaan yang di pelajari sekalugus menjadi ciri khas suatu masyarakat tertentu kebudayaan juga mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan lain-lain tergantung kemampuan serta kebiasaan yang di dapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.dan di dalam sekelompok masyarakat akan terdapat suatu kebudayaan[2]

  1. Aspek/unsur-unsur kebudayaan

Aspek atau unsur kebudayaan masuk tidak secara keseluruhan namun secara indufidual. Yang kita tau sekarang ini kebudayaan di bagi dua yaitu yang pertama kebudayaan barat dan yang kedua kebudayaan timur dimana antara kedua kebudayaan ini tidak sellu bercampur atau masuk secara keseluruhan, seperti contoh kebudayaan barat masuk ke dunia timur pada abat ke-19 tetapi tidak masuk secara keseluruhan, tetapu unsur-unsur tertentu yaitu teknologi.

  1. Organisasi kekuatan[3]

Adalah unsur pokok suatu kebudyaan yang memiliki sifan universal yaitu dapat di temukan di semua kebudayaan. Kebudayaan yang di anggap cultural universal yaitu:

  1. peralatan dan perlengkapan hidup
  2. mata pencaharian
  3. sistem kemasyarakatan

d.bahasa

  1. kesenian
  2. sistem pengetahuan dan
  3. religi (sistem kepercayaan)

 

  1. Masalah/problematika kebudayaan

Kebudayaan yang di cuptakan oleh indufidu atau kelompok atau maasyarakat itu pasti berbeda berbedanya kebudayaan itu menjadi ciri khas setiap kelompok. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam rangka memenuhi kebutuhannya manusia akan berinteraksi dengan sesama, masyarakat dengan masyarakat lain. Dari setiap kali berinteraksi seringkali timbul masalah kara timbul berbeda pandapat karna mereka beranggapan bahwa budaya mereka itu yang paling benar.

  1. Cara hidup di kota dan didesa yang berbeda

Mengapa berbeda cara hidup dikota dengan cara hidup di desa, karna didesa masyarakatnya hidup dengan cara sederhana, gotong royong, jauh dari teknologi, dan menjaga adat istiadat, sedangkan cara hidup di kota adalah masyarakat.

  1. Kepribadian dan kebudayaan

Pengertian masyarakat menunjuk pada sejumlah manusia sedangkan pengertian kebudayaan menunjuk pada pola-pola prilaku yang khas dari masyarakat tersebut . masyarakat dan kebudayaan sebenarnya merupakan perwujudan atau abstraksi prilaku manusia kepribadian mewujudkan prilaku manusia.

 

Refrensi:

  1. Soejono :2013, 149-150

[1] . Bruce :1983 ,   49-50

[1] . harwantioko : 2013  , 153

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Soejono,soekarto.2006.”sosiologi suatu pengantar”.jakarta:raja grafindo

 

Catatan

  1. Tulisan sudah bagus, tetapi isi belum sinkron dengan judul
  2. Plagiasi 13%
  3. Footnote belum sinkron dengan daftar pustaka
  4. Daftar pustaka hanya ada 1 judul.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *