Kebutuhan Manusia terhadap Agama

A. Pengertian agama
Sebagian ahli agama mengatakan bahwa agama (ad-din) adalah peraturan (undang-undang) Tuhan yang dikaruniakan kepada manusia atau juga sistem kehidupan yang lengkap menyangkut berbagai aspek kehidupan termasuk akidah,akhlak,ibadah, dan amal perbuatan yang diisyaratkan Allah untuk manusia. Manusia diperintahkan untuk mengamalkan dan memedominya dengan rasa tunduk dan patuh kepada-Nya. Dan Allah membalas kepatuhannya atau keingkaran terhadap sistem ini(Dr. Muhammad Abdul Qadir Ahmad:2008,1).

B. Manusia dan hakikat kehidupannya
Manusia adalah makhluk yang lebih sempurna dari makhluk-makhluk Tuhan lainnya, karena manusia dilengkapi dengan nafsu dan akal yang berfungsi membentuk perilaku (tindakan dan perbuatan) atas dasar “keinginan dan kebutuhan” guna mencapai kecerahan hidup di dunia dan akhirat.(Drs. H. Abas Asyafan, M,Pd.:2009,55 ).
C. Kebutuhan manusia terhadap Agama
Pada dasarnya manusia terikat dengan agama karena manusia makhluk spiritual yang terikat yang percaya akan adanya Tuhan, dan masih banyak yang bisa digali dan dipahami dalam agama untuk bekal mengarungi kehidupan, mengingat kehidupan berjalan dengan perubahan yang semakin kompleks(Drs. H. Abas Asyafan, M,Pd:2009: 55 ).
Hukum agama(hukum Tuhan) pada hakikatnya adalah melindungi hak dan kewajiban semua orang terhadap orang lain. Hukum-hukum tersebut (wajib, haram aqidah, ibadah dan syari”ah) bukan untuk Tuhan dan kewajiban masing-masing agar tercipta keserasian, keharmonisa, dan keseimbangan. (Drs, Harjoni, M.Si:2012,51)

Agama memiliki beberapa fungsi dalam kehidupan manusia dan masyarakat, seperti:
a. Agama mampu memenuhi kebutuhan pokok individu dan mengisi kekosongan jiwa manusia.
b. Agama merupakan pendidikan yang memperbaiki sikap dan tingkah laku manusia.
c. Agama mendorong manusia untuk bekerja, melarang bermalas-malasan dalam melaksanakan tugas, dan memilih kata sesuai dengan perbuatan sehingga tidak ternilai sebagai sifat-sifat orang munafik.
d. Agama bertujuan membentuk pribadi yang cakap untuk hidup di dalam masyarakat.
e. Agama memberikan kepada kita nilai-nilai rohani yang merupakan kebutuhan pokok kehidupan manusia.
f. Agama merupakan sarana yang menjamin kelapangan dada dalam mewujudkan kebahagiaan individu dan menumbuhkan ketenangan hati pemeluknya.
g. Agama adalah satu-satunya naungan yang memberikan ketrentraman,ketenangan, dan kebahagiaan hati manusia di dunia dan keridhaan Allah di akhirat.
h. Agama mengisi kekosongan hati orang yang beriman dengan rasa khusuk dan mendekatkan diri kepada Allah.
i. Agama mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya,hubungan dengan sesama saudaranya.
Agama merupakan keharusan masyarakat, karena manusia adalah makhluk sosial. Kehidupan sosial tentu menimbulkan interaksi sosial yang akan melahirkan hak dan kewajiban. Setiap orang menyadari hak dan kewajibannya. Interaksi sosial diatur berdasarkan kebaikan, keadilan, dan kemaslahatan bersama,bukan untuk seseorang atau sekelompok tertentu saja. Nilai agama berusaha mewujudkan suatu masyarakat yang bekerjasama pada kebaikan dan ketakwaan. Nilai inilah yang membebankan saling tanggung jawab antar individu dan masyarakat, secara seimbang dalam menjaga kepentingan umum dan kebebasan individu. Dengan demikian kehidupan akan terhindar dari kekacauan dan kehancuran.
Agama melindungi kehidupan duniawi dari bahaya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Karena pengetahuan dan teknologi disamping alat kemajuan, juga sebagai alat penghancur dan pemusnah manusia. Seseorang ilmuan akan semakin taat kepada Allah setiap ia menemukan sesuatu yang baru karena penemuannya itu merupakan tanda-tanda atau bukti-bukti kebesaran Ilahi(Dr. Muhammad Abdul Qadir Ahmad, 2008: 1).

Dengan beberapa fungsi tersebut maka secara jelas jika agama sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia.

 

RISTI ANJARWATI

1602100063

KELAS: B, S1 PERBANKAN SYARIAH,SEMESTER 1,IAIN METRO

 

Catatan

  1. Sudah menjawab pertanyaan
  2. Plagiasi 0%

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *