Makna Studi Islam

Studi Islam secara etimologis terjemahan dari Bahasa Arab Dirasah islamiyah. Sedangkan study islam di budaya barat dikenal dengan istilah islamic studies. Maka study islam dapat di artikan sebagai kajian mengenani hal-hal yang berkaitan dengan islam. Makna Study Islam ini sangat umum sehingga perlu ada spesifikasi pengertian secara terminologi mengenai tentang ajaran study Islam dalam kajian yang sistematis.

Dikalangan para ahli masih banyak sekali yang namanya terdapat perbedaan disekitar permaslahan apakah studi islam (agama) dapat dimasukan kedalam bagian bidang ajaran ilmu pengetahuan, bila kita lihat atau kita ingat karakteristik dan sifat antara agama dan ilmu pengetahuan sangat lah berbeda.

Studi islam dalam normativitas sepertinya masih banyak terbebani oleh misi keagamaan yang bersifat memihak. Sehingga kadar muatan anaalisis, kritis dalam naskah-naskah keagamaan produk sejarah terdahulu kurang begitu di tonjolkan.

Makna studi islam di arahkan kepada kajian keislaman yang mengarah pada tiga hal :

 Islam bermuara pada kedamaian
 Islam dapat dimaknai yang mengarah pada keselamatan dunia dan akhirat
 Islam yang bermuara pada ketundukan atau bersrerah diri kepada allah swt.

Selanjutnya saya sebagai penulis ingin melanjutkan tentang makna studi islam mengenai definisi dari mengaji daan mengkaji, yanghampir memiliki kesamaan dalam arti maupun maknanya.

Mengaji itu berasal dari kata kaji bisa dikatakan mengkaji. Yang artinya: pelajaran (agama & sebagainya), penyelidikan (tentang sesuatu), kepandaian atau kemahiran didapat karna rajin berlatih, orang pandai biasanya baru mau memutuskan suatu persoalan apabila suda dipertimbangkan secara matang,

Belajar membaca Al-Qur’an tanpa dimulai dengan cara mengeja. Belajar atau melatih diri dalam menjalankan . memeriksa, menyeliidiki,memikirkan (mempertimbangkan dan sebagainya

Mengaji adalah salah satu aktivitas belajar suatu ilmu agama, namun yang mengartikan makna mengaji sebagai suatu sikap mempelajari segala hal yang terjadi untuk dijadikan sebagai ukuran dalam perubahan sifat-sifat maupun perilaku yang buruk pada diri sehingga bisa menjadi orang yang baik.

Mengkaji adalah suatu kegiatan yang bisa diartikan sebagai menyelidiki, memeriksa, memikirkan, menelaah, mempelajari suatu objek permasalahan,

Mengaji dan mengkaji merupakan satu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan dan kedua nya saling berkaitan, maka dari itu mengkaji dan mengaji subuah kata yang saling melengkapi satu sama lain. Bagaimana kita bisa mengkaji kalau belum bisa mengaji, dan apalah arti kita mengaji bila tidak di teruskan dengan mengkajinya, Sebab mengaji adalah belajar dan mengkaji adalah memahami serta menilai untuk menentukan.

Rujukan
Abuddin,Nata. 2004.Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Abdul.Muhammad.2008.Metodologi Pengajaran Agama. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Nama Penulis : Agus Makroji
Mahasiswa Semester 1 Kelas B Prodi
Perbankan Syari’ah IAIN Metro

 

Catatan

  1. Sudah menjawab pertanyaan.
  2. Plagiasi 0%. Sayangnya referensi hanya ada 2.

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *